Sabtu, 29 Desember 2012

Pentingnya Zat Besi dan Zat Zinc Bagi Generasi Penerus Bangsaku

Kesehatan merupakan aspek paling penting dalam kehidupan manusia, terutama pada anak-anak. Karena anak-anak Indonesia merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan untuk meneruskan pembangunan bangsa. Gizi dan vitamin merupakan hal utama dalam antisipasi kesehatan anak Indonesia.


Namun fakta yang mencengangkan, bahwa persentase status nutrisi gizi anak Indonesia jauh dari cukup dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara menurut survey Nutrisi Asia Tenggara (SEANUTS) yang dilakukan Frisian Campina dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Peragi) terhadap 7.200 anak yang tersebar di 96 kabupaten/kota di Indonesia, mulai Januari hingga Desember tahun 2011.

Lalu, apa yang perlu dipenuhi untuk nutrisi gizi anak-anak Indonesia agar dapat berkembang dengan baik ?
Tentu saja, protein, lemak, karbohidrat, maca-macam zat gizi mikro vitamin, mineral, serta yang terpenting dan akan kita bahas yaitu Zat Besi dan Zat Zinc (seng).

Zat besi merupakan zat yang membawa oksigen dalam darah sehingga apabila kekurangan (defisiensi) zat besi maka darah kita tidak menyebar dengan maksimal, yang mengakibatkan anemia. 
Hidup di Negara Agraris seperti Indonesia sangat mudah mendapatkan sayuran yang mengandung zat besi, seperti kangkung, bayam, kacang-kacangan, gandum dan lain-lain.

Namun karena faktor ekonomi, dan sering terjadinya kekeringan di beberapa wilayah di Indonesia menyebabkan banyak orang tua yang tidak dapat memenuhi gizi keluarga. Sehingga ini menjadi fakta bahwa anak-anak Indonesia masih banyak yang perlu kelengkapan gizi dan vitamin terutama Zat Besi, berikut adalah gejala defisiensi zat besi, antara lain:
  • Kelelahan dan tulang tulang merasa lemah
  • Sesak Nafas, karena kurangnya zat besi yang mengangkut oksigen keseluruh tubuh
  • Sakit Kepala,  karena kurangnya suplay oksigen pada otak menyebabkan pusing
  • Anemore (pada wanita dewasa), tidak teratur datang bulan
Karena Gejala-gejala tersebut dapat mengakibatkan ternganggunya aktifitas perkembangan generasi penerus bangsa, dengan demikian pemerintah juga harus mengambil tindakan dengan cara memenuhi pangan yang bergizi , bernutrisi, dan bervitamin lengkap, selain itu kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi dan vitamin harus besar.

Selain zat besi, gizi mikro yang terpenting lainnya adalah Zat Zinc/Seng.
Zat Zinc atau Zat Seng adalah merupakan mineral yang terpentingyang dibutuhkan tubuh dalam melawan kuman/bakteri jahat yang menyebabkan lemahnya kekebalan tubuh, sayangnya belum dikenal baik oleh banyak orang. Walaupun diperlukan sedikit dalam tubuh, namun sangat vital dalam tumbuh kembang .
Zinc memiliki fungsi penting dalam pembentukan ratusan macam enzim tubuh yang berperan dalam sintesis dan degradasi karbohidrat, lemak dan protein serta metabolisme zat gizi mikro lainnya. Zinc juga memiliki fungsi struktural, berperan penting dalam kestabilan protein enzim dan membran sel.

Apa Jadinya Bila Anak-anak kekurangan Zinc/Seng?
  1. Pertumbuhan retardasi
  2. Tekanan Darah Rendah 
  3. Tulang Terbelakang 
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Kehilangan indera penciuman dan rasa
  6. Depresi kulit, kasar
  7. Berat badan turun drastis
  8. Kulit pucat
  9. Diare
  10. Rambut rontok
  11. Kelelahan
  12. Bintik putih di bawah kuku jari
Tentu dari dampak kekurangan zat seng diatas membuat terganggunya tumbuh kembang, melemahnya IQ, dan pengaruh negatif lainnya.

Dari Makanan atau Minuman apa kita mendapat manfaat dari Zinc?
Cukup banyak dan mudah didapat makanan yang mengandung zat zinc/seng antara lain, daging, makanan seafood, produk susu, biji-bijian (biji labu, mete, biji bunga matahari) dan kacang-kacangan.

 Maka Pentingnya Zat Besi dan Zat Zinc/Senguntuk Generasi Penerus Bangsa adalah:
1. Menjaga Kekebalan Tubuh dari berbagai penyakit.
2. Membantu Tumbuh Kembang Anak.
3. Meningkatkan IQ
4. Anak Menjadi Kreatif dan Aktif
5. Bangsa Menjadi Maju dan Berkembang dan tidak tertinggal dengan Negara Lain

Dalam hal ini Milkuat dari Danone membantu melengkapi kebutuhan Gizi, Nutrisi, dan Vitamin bagi Generasi Penerus Bangsa dengan Ekstra Zat Besi dan Zinc.
Orang tua tidak perlu pusing karena susah mencari jajanan sehat bergizi dan vitamin lengkap, kini Milkuat tersedia di Toko-toko terdekat :)

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, dari hal kecil mari kita menuju perubahan besar dalam mengembangkan bangsa, dengan peduli gizi terhadap anak-anak.

THANKS





 

1 komentar:

  1. Terima Kasih sudah berpartisipasi di lomba blog tigermilkuat tahap ke 2 (10 nominator) ... tapi masih ada yang kurang yaitu... tolong cantumkan di blog anda screen shoot twitt bukti follow @VIVA_log @milkuat
    dan screen shoot bukti bahwa postingan anda telah di twitt di twitter pribadi anda.

    Terima kasih,
    VIVAlog
    eko.nugroho@viva.co.id

    BalasHapus